Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Self Healing dan Kenali 6 Cara Self Healing Terbaik, Dijamin Ampuh!

Jengmintul.com – Jengs, istilah self healing mulai santer terdengar di tengah permasalahan banyak orang saat ini. Cara self healing terbaik bahkan menjadi poin penting untuk sebagian orang. Mungkin sebagian dari kita mulai berfikir apa itu self healing dan bagaimana cara melakukannya dalam kehidupan. Untuk mengetahui secara lengkap, simak ulasannya di bawah ini!

cara self healing terbaik
ilustrasi cara self healing terbaik / pixabay

Apa itu Self Healing

Menurut beberapa pakar psikologi, self healing adalah metode penyembuhan yang melibatkan diri sendiri serta memulihkan luka batin yang terjadi di masa lampau. Seperti yang kita tahu, setiap manusia memiliki sisi ketahanan masing-masing. 

Baik dari sisi fisik maupun batin atau jiwa. Oleh karenanya, tidak semua orang bisa langsung sembuh begitu saja dari luka yang terjadi di masa lalu. Self healing ini sendiri bertujuan untuk membentuk fikiran positif dengan apa yang telah terjadi. 

Selain itu, proses perdamainan dengan diri sendiri ini juga bermanfaat untuk menerima ketidaksempurnaan serta memahami diri sendiri.

Cara Self Healing Terbaik 

Luka batin bisa ditimbulkan oleh beberapa permasalahan. Mulai dari luka yang dialami masa kecil hingga permasalahan yang terjadi kala dewasa. Cara self healing luka batin yang akan disebutkan berikut ini mungkin dapat membantu mengobati luka lama yang sulit untuk dihilangkan. Berikut ulasannya:

1. Berhenti Memandang Diri Rendah

Berdamai dengan diri sendiri masih menjadi tips ampuh agar kekewaaan di masa lalu dapat sirna. Salah satu yang dapat mengecewakan hati adalah dipandang rendah orang lain. Mulai sekarang, berhenti untuk berfikir seperti itu dan fokus dengan tujuan utama.

Apakah akan selamanya dipandang rendah? Tentu saja tidak. Jadi, mulai dari menghargai diri sendiri adalah cara terbaik. 

2. Mensyukuri Keadaan

Cara self healing terbaik diri sendiri yang juga ampuh dilakukan ialah syukuri keadaan saat ini. Kamu bisa berkaca dari orang lain yang mungkin memiliki keadaan lebih buruk. Baik dalam hal asmara hingga finansialnya. Bersyukurlah bahwa kamu tidak seburuk nasib mereka.

Baca juga: 6 Tips LDR Supaya Langgeng Sampai Menikah, Dijamin Ampuh!

3. Berhenti Berfikir Kehidupan Orang Lain Lebih Baik

Selaras dengan rasa syukur, berhenti untuk berfikir bahwa hidup orang lain lebih baik adalah cara self healing terbaik. Tidak akan ada gunanya menyesali dan berfikir hidup ini menyedihkan. Mulai bangkit dan lihat ke depan.

4. Meditasi

Meditasi menjadi cara selanjutnya yang bisa dilakukan. Meditasi adalah metode untuk menenangkan jiwa dan fikiran. Membuang semua prasangka buruk dan mulai berdamai dengan keadaan. Kamu bisa bermeditasi di rumah si saat keadaan sunyi. Lihat masa lalu sebagai pelajaran untuk melangkah ke depan.

5. Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta

Percaya dan sadari bahwa setiap detik dari perilaku kita dan semua yang terjadi adalah kehendak Sang Pencipta. Lantas mengapa kita harus bersedih? Jika memang Tuhan menginginkan ini terjadi maka pasti ada sebuah pelajaran di balik itu.

Semisal saja ketika kecil kita sudah mendapatkan kehidupan yang keras. Apakah lantas itu menjadi penyesalan? Tentu saja tidak, bahkan dengan kehidupan di masa kecil yang kamu nilai menyedihkan itu akan membentuk diri dan pribadi yang menjadi kuat di masa mendatang.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah 5 Tanda Pasangan Tidak Setia, Meskipun Tak Selingkuh!

6. Sering Melakukan Hal Positif

Cara self healing terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menyibukan diri dengan hal positif. Ubah fikiran buruk dengan bertemu orang-orang luar biasa yang akan membuka matamu untuk melihat ke depan. 

Mulai dari yang paling kecil, seperti berkumpul dengan sahabat, merencanakan kegiatan amal bersama dan masih banyak lagi.

Sebaik-baik cara self healing adalah di mana kita bisa melihat kemampuan dan kelemahan diri sendiri. bahkan orang lain tidak akan bisa mengobati luka batin yang terasa cukup menyesakkan. 

 



1 comment for " Apa Itu Self Healing dan Kenali 6 Cara Self Healing Terbaik, Dijamin Ampuh!"

  1. Saya mencoba cara yang kedua walau agak susah sih. Terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete