Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari ide Menulis Artikel dan Tips Mudah Mendapatkan Inspirasi

Cara Mencari ide Menulis Artikel

Cara menulis ide menulis artikel sebenarnya tidak terlalu rumit. Sudah menjadi umum jika artikel merupakan tombak utama untuk sebuah web atau blog. Mungkin sebagian orang akan merasa sulit, namun tidak bagi kamu yang mengetahui caranya.

Beberapa Cara Menemukan Ide Dalam Menulis Sebuah Artikel

Sebuah konten yang menarik tidak terlepas dari para penulis yang kaya akan wawasan. Gagasan tersebut mencakup banyak ilmu yang dapat dituangkan dalam tulisan.

Hal ini tidak jauh berbeda ketika kamu mencoba menggali ide fiksi tulisan. Di mana peran penulis sama seperti sutradara yang mengatur konsep hingga menghasilkan sebuah karya.

Berikut ini merupakan beberapa  cara mencari ide dalam menulis:

Melalui Pengalaman Pribadi

Sebuah tulisan bisa berawal dari suatu pengalaman. Tips ini memudahkan kamu dalam menulis artikel dari berbagai sudut pandang berbeda.

Bayangkan saja jika banyak hal yang kamu lakukan selama ini. maka akan banyak ide yang bisa kamu tuang ke dalam lembar tulisan.

Dalam dunia kepenulisan sering disebut dengan metode story telling. Bercerita berdasarkan pengalaman dianggap lebih menarik.

Banyak Membaca Buku

Banyak membaca buku merupakan cara mencari ide menulis artikel. Mengapa? Sebab, dengan banyak membaca buku memungkinkan penulis menggali banyak ide. Tidak salah jika terdapat istilah, “Penulis yang baik juga merupakan seorang pembaca yang baik”.

Dengan membaca buku seseorang juga akan menemukan wawasan lebih. Selain itu, kamu juga bisa melihat bagaimana gaya tulisan orang lain yang bisa kamu jadikan referensi.

Ibaratnya seperti menyelam sambil minum air. Jadi  selain mendapatkan ilmu dan wawasan, kamu juga bisa menemukan ide cerita atau bahan untuk membuat artikel.

Bahkan tidak hanya untuk artikel, kamu bisa juga membuat karya fiksi yang diambil dari dasar ide tulisan kreatif penulis yang sudah ada.

Baca Juga : 6 Daftar Situs Menulis Artikel Dibayar Ini Jadi Ladang Cuan!

  • Mengikuti Trend yang Sedang Hangat

Adakah peristiwa yang mungkin tengah terjadi di sekitarmu beberapa waktu terakhir ini/ Jika iya, hal itu bisa menjadi ide untuk menulis. 

Bisa juga karena melihat kehidupan sehari-hari untuk diolah menjadi ide tulisan menarik. Berawal dari perca perca kecil kehidupan itu tersimpan makna yang orang juga rasakan.

  • Melakukan Healing Pribadi

Healing menjadi salah satu cara efektif untuk menenangkan pikiran. Pikiran terasa lebih bebas kamu juga akan menemukan beberapa inspirasi yang terkadang tidak terpikirkan.

Kegiatan ini bisa kamu lakukan sendiri d irumah dengan bersantai di kamar, melihat pemandangan di luar, atau ketika sedang berjalan-jalan.

  • Mencari Lebih Banyak Informasi

Di era yang sudah canggih seperti saat ini, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan tanpa harus keluar rumah.

Informasi bisa dengan mudah diakses menggunakan ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Ketik di beberapa situs dan mulailah berselancar di dunia maya untuk menemukan ide.

  • Menonton Film Kesukaan

Seorang penulis dengan karya tulis yang hebat tidak terlepas dari beberapa hal yang membuatnya senang.

Ketika kamu tengah menonton film, kisah yang ada bisa kamu angkat dengan gaya tulisan sendiri. Sehingga akan memunculkan ide baru menjadi sebuah karya yang menarik.

  • Mengikuti Banyak Kegiatan

Mencari ide Menulis artikel yang satu ini cocok bagi kamu yang berjiwa petualangan. Sering mengikuti kegiatan mendorong berbagai ide masuk dalam pikiran.

cara mendapatkan ide kreatif bisa melalui beberapa jalan. Ada banyak contoh ide menulis yang sebenarnya bisa kamu gali sendiri.

Artikel ini berusaha memberikan informasi yang bermanfaat untuk para penulis yang kesulitan menemukan ide dalam menulis artikel. Kini kamu tahu cara mencari ide penulisan artikel seperti ulasan di atas.

Baca Juga : 5 Cara Hemat Tethering HP ke Laptop Paling Efektif

 

 

Post a Comment for "Cara Mencari ide Menulis Artikel dan Tips Mudah Mendapatkan Inspirasi"