Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Risau, Inilah 5 Tips Liburan Murah di Jogja Ala Backpacker

Jengmintul.com - Mendengar kata Jogja mungkin yang terpikir dibenak kamu adalah mengenai tempat wisatanya. Untuk itulah kamu perlu mengetahui tips liburan murah di Jogja pada pembahasan ini. 

tips liburan murah di jogja
ilustrasi tips liburan murah di jogja

Seperti memiliki daya magnet tersendiri Jogja memang menawarkan banyak keseruan. Mulai dari budayanya yang cukup unik, kuliner, juga yang tidak kalah menarik adalah destinasi wisatanya. 

Bahkan jika kamu ingin mengulas lebih dalam, banyak sekali publik figure maupun musisi yang berasal dari daerah istimewa ini.

Ampuh, 5 Tips Liburan Murah di Jogja Wajib Diterapkan

Ini bisa menjadi tips liburan ke Jogja bagi pemula yang memiliki keterbatasan budget. Tanpa harus merogoh kocek dalam, kamu tetap bisa melakukan berbagai kegiatan menarik di daerah ini. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Tips liburan ke Jogja Naik Kereta

Kedengarannya tidak begitu buruk jika kamu ingin liburan ke Jogja dengan naik kereta. Ya, menunggangi kereta bisa menjadi satu pilihan liburan yang murah dan mudah. 

Kamu bisa memilih kelas ekonomi saja untuk mulai melancong ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahkan menariknya para pengguna bisa memesan tiket secara online tanpa harus datang stasiun kereta. Berikut, deretannya:

2. Membawa Barang Secukupnya untuk Liburan

Backpacker Jogja murah juga bisa kamu lakukan dengan membawa barang-barang yang hanya diperlukan saja.

Jangan terlalu banyak membawa barang karena tentu saja akan membuat liburan jadi lebih merepotkan.

3. Buat Jadwal untuk Travelling

Jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk sekedar liburan tanpa menyimpan pengalaman selama berada di sana. 

Tips liburan murah juga bisa kamu rencanakan dengan membuat jadwal yang lebih matang.

Jadi ketika kamu sampai di sana kamu sudah tahu akan mengunjungi tempat mana saja dengan budget yang bisa kamu sesuaikan.

4. Pilih Penginapan Murah

Siapa yang tidak kenal daerah Jogjakarta? Karena daerah ini merupakan daerah wisata, jadi tidak heran jika masyarakat di sana banyak yang menawarkan penginapan rumahan. 

Jadi kamu tidak harus memesan Hotel atau tempat VIP lainnya, karena ada banyak penginapan murah yang tersedia. 

Berdasarkan beberapa data yang Jengmintul himpun, ada satu rekomendasi yakni di Sosrowijayan. Penginapan ini cukup dekat dengan Stasiun kereta, jadi kamu tidak harus berjalan jauh untuk mendapatkan penginapan tersebut.

Mengenai penginapan para pelancong bisa menyesuaikan dengan budget liburan ke Jogja 2 hari 1 malam atau budget liburan ke Jogja 3 hari 2 malam. 

5. Jajan atau Makan di Rumah Makan Lokal

Mungkin kamu tidak asing dengan kuliner Yogyakarta yang menawarkan berbagai cita rasa.

Tips liburan murah di Jogja yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan memilih menu-menu makanan serta mencari tempat makan lokal. 

Berbeda jauh dengan harga di restoran tentu saja tempat makan lokal akan jauh lebih murah.

Ini bisa menghemat budget kamu selama liburan. Meski terkesan murah, namun rumah makan disini menawarkan berbagai kuliner terbaiknya.

Tips liburan murah ala backpacker seperti pada pembahasan di atas bisa menjadi rekomendasi terbaik yang bisa dicoba.

Luangkan waktu sejenak untuk melakukan perjalanan guna merefreshkan pikiran di tengah padatnya kegiatan, Hal ini penting kamu lakukan supaya tubuh dan pikiran bisa lebih segar untuk bekerja dan beraktivitas kembali.


7 comments for "Jangan Risau, Inilah 5 Tips Liburan Murah di Jogja Ala Backpacker"

  1. Backpackeran emang salah satu cara buat traveling murah sih, juga lebih simpel tanpa banyak barang. Tapi, pastinya kamu harus paham alur traveling sih.

    Aku tuh sering ngimoi aja pengen backpackeran bareng pasangan. Keknya seru banget gitu

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, jiwa traveling meronta-ronta kalo denger destinasi murah.

    ReplyDelete
  3. Bisaa banget liburan murah ke Yogya. Makan nasi kucing harga 5000 aja banyakkk.. Gorengan 1000-an juga masih ada. Ayo, deh, pada ke Yogya. Dijamin, hati nyaman, dompet pun senang, hihiii... *salam dari penduduk Yogya, Mbak..

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat waktu ke Jogja, naik kereta api dari Bandung, sayangnya waktu itu naik kereta malam jadi gak bisa lihat pemandangan alam di luar kereta, pemandangan sepanjang perjalanan, yang ada malah tidur dan terkaget tiap pemberhentian stasiun, takut kelewatan hehehh.
    pas banget juga waktu itu alaala backpackeran ke sana, sayangnya sih bukan untuk liburan tapi sesungguhnya untuk berobat, huhuh. Moga nanti bisa ke Jogja lagi dah.

    ReplyDelete
  5. Asli pengin banget main ke Jogja naik kereta sama anak2. Terima kasih sharingnya, Mbak. Insya Allah kalau ada waktu liburan mau juga jalan ke Jogja ala backpacker...

    ReplyDelete
  6. di jogja memang katanya makanannya murah yaa. tapi ada juga saya dengar wisatawan yang dimahalin bayar atau parkir gitu pas traveling ke jogja.

    ReplyDelete
  7. Waktu gadis, aku sering liburan ke jogja sama temen. Kenapa pilih jogja, ya karna ini. Bisa diset low budget. Wkwkwkwk..

    Hemat tapi seneng dan selalu bikin kangen buat balik lagi.

    ReplyDelete