Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Bakat Anakmu? Inilah 5 Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini yang Orang Tua Wajib Tahu

Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini yang Orang Tua Wajib Tahu
ilustrasi cara mengenali bakat anak sejak dini

Setiap anak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nama sebagai orang tua harus bisa mengetahui minat anak. Cara mengetahui bakat anak sejak dini mungkin bisa menjadi satu alternatif terbaik. 

Pasalnya untuk mengenali bakat anak, perlu dilakukan sedini mungkin agar anak bisa diarahkan dengan berbagai rekomendasi pendidikan yang dapat disinkronkan.

Seperti contohnya saja ketika anak Anda tertarik dengan olahraga. Apakah dia memiliki bakat di bidang tersebut? 

Tentu saja hal itu belum pasti. Untuk itulah Anda wajib mengenali apa yang menjadi passion atau minat anak untuk bisa menyalurkan bakat tersebut.

Hal yang paling concern dalam mengetahui minat anak adalah memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

Apa Itu Bakat Anak?

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara mengenali bakat anak sejak dini, Anda perlu mengetahui terlebih dulu pengertian dari bakat. 

Jadi secara umum dapat diartikan jika bakat anak adalah kemampuan untuk melakukan suatu tindakan dengan tingkat keahlian tertentu. 

Hal ini juga dikuatkan oleh seorang pakar psikolog, Donald Olding Hebb yang merangkumkan bahwa bakat anak adalah suatu perasaan, tindakan maupun pola pikir yang berulang serta dapat diaplikasikan secara produktif. 

Dari beberapa kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa bakat anak merupakan suatu kemampuan yang ada dalam diri seorang anak. 

Bisa karena faktor dari orang tua yang diturunkan kepada anak atau bisa juga diperoleh secara alami oleh anak itu sendiri. 

Jika bakat tersebut diasah dan dikembangkan secara optimal, maka hal itu akan membuat seorang anak memiliki pribadi yang lebih percaya diri serta mampu berprestasi.

Inilah Beberapa Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini

Usia 1 sampai 7 tahun adalah masa emas bagi anak-anak. Di mana pola pikirnya begitu tajam serta akan membuat anak-anak tersebut lebih fokus terhadap apa yang ia geluti.

Berikut ini beberapa cara untuk mengenali bakat anak sejak dini yang bisa orang tua terapkan:

1. Mengenalkan Anak dengan Berbagai Hal

Cara mengetahui bakat dan minat anak bisa dengan mengenalkan anak dengan berbagai bidang atau berbagai hal.

Ini untuk mengambil suatu kesimpulan bahwa anak tersebut memiliki kecenderungan dengan bidang apa saja yang Anda kenalkan. 

Beri ruang selebar-lebarnya untuk anak agar memilih satu atau beberapa diantara bidang tersebut. 

Yang paling penting adalah anak menikmati dan merasa nyaman dengan apa yang mereka lakukan bukan merasa tertekan dengan dominasi orang tua.

2. Membebaskan Anak untuk Membuat Pilihannya Sendiri

Harus digaris bawahi bahwa pilihan yang dibuat oleh anak adalah pilihan yang positif bukan untuk hal-hal negatif.

Jadi seringkali para orang tua itu lupa akan kodrat mereka yang hanya bisa mendidik dan merawat tidak untuk memaksakan. 

Terkadang seorang tua terlalu memaksakan kehendaknya agar anak menjadi sesuatu yang orang tua inginkan. 

Sejatinya itu merupakan pilihan terburuk karena ketika orang tua memaksakan maka anak tidak akan merasa nyaman. Dampaknya anak akan tertekan, terkekang dan tidak bisa berekspresi dengan apa yang mereka inginkan.

3. Melakukan Komunikasi Intens Beserta Sosialisasi yang Baik

Seharusnya, orang tua tidak seperti pendikte atau pemaksa. Hal yang paling baik adalah memposisikan diri sebagai teman bicara atau teman curhat.

Komunikasi yang Intens dan sosialisasi baik itulah yang menjadi satu dasar yang bisa orang tua lakukan. 

4. Motivasi Jadi Faktor Berpengaruh Lainnya

Motivasi terbesar untuk anak adalah dari orang tua. Ada macam-macam bakat anak yang tersimpan di dalam diri mereka. Namun tidak semua bisa mengeluarkan apa yang diinginkan. 

Ini juga menjadi poin penting sebagai cara mengetahui bakat anak yang pendiam. Anak pendiam akan lebih sulit ketika berkomunikasi bahkan dengan orang tuanya sendiri. 

Satu hal yang paling penting adalah orang tua tidak boleh memaksa namun bisa memotivasi dan mendukung apa yang menjadi minat anak.

5. Melakukan Tes Bakat Terhadap Anak

Tes bakat bisa dilakukan orang tua dengan tujuan untuk memastikan anak tersebut memang menyukai apa yang mereka lakukan. Orang tua bisa mengikutkan anak melalui kompetisi lomba-lomba dan lain sebagainya.

Lihat seberapa besar antusias mereka ketika melakukan sesuatu dalam bidang tersebut.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara mengetahui bakat anak usia 4 tahun. Dimana masa tersebut adalah masa terbaik. Usia emas seperti ini memang harus lebih diperhatikan.

Setelah membaca tentang cara mengetahui bakat anak 2 tahun di atas, Anda pasti sudah memiliki gambaran untuk melihat potensi yang dimiliki anak-anak Anda.



8 comments for "Apa Bakat Anakmu? Inilah 5 Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini yang Orang Tua Wajib Tahu"

  1. Sebagai orang tua mangenali talenta anak akan sangat membantu dia tumbuh kembang,, jadi si kecil bisa mengeksplor bakatnya lebih jauh dan yang penting anak happy ya. :)

    ReplyDelete
  2. Peran orang tua sangat penting dalam mendukung bakat anak ini. Sehingga anak tahu betapa orang tua memberikan perhatian padanya dan hal ini juga turut memperkuat kepercayaan dirinya.

    ReplyDelete
  3. tiap anak punya bakat dan minat tersendiri, sebagai orang tua kita perlu mendukung dan memberikan arahan yang tepat agar anak bisa berhasil karena jika kita memaksakan kehendak kita sebagai orang tua untuk melakukan suatu hal yang bukan bakat si Anak pasti hasilnya akan jauh dari harapan orang tua juga.

    pengen deh coba tes bakat ke anak-anakku juga tapi belum tahu nih di tempatku udah ada belum heheh

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, anakku sudah tes sidik jari waktu TK dan SD. Sejauh ini, 90% sesuai dengan faktanya memang, Mbak.
    Namun, bukan berarti dia tidak boleh eksplorasi di bidang lain. Yang penting anaknya nyaman dan bidangnya positif, tidak masalah.

    ReplyDelete
  5. Tes bakat minat ini juga pnting untuk anak ya supaya tidak salah langkah di kemudian hari

    ReplyDelete
  6. wah tes bakat ini yang selalu saya suka, nanti bisa bawa anak-anak untuk melakukan tes bakat ini, untuk mengeathui bakat anak-anak sejak dini, sehingga kita juga bisa tahu mengarahkannya

    ReplyDelete
  7. Terimakasi tipsnya mba, buat aku yg belum punya anak ini bisa jd tips yang bisa aku realisasikan ke depannya untuk mengasah dan mengembangkan bakat yg anak punya. Masa kanak-kanak jg masa kritis di mana kadang anak belum tau mau kemana jd perlu untuk diarahkan

    ReplyDelete
  8. Terimakasih infonya kak,aku jadi belajar nih,jadi kalo nanti punya anak aku bisa praktekin nih. Makasih ya.

    ReplyDelete