Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Main Lato-Lato Viral yang Tidak Banyak Orang Tahu

Belakangan kamu pasti sering mendengar suara berisik yang dihasilkan dari dua plastik padat yang saling berbenturan. Permainan jadul ini kini kembali kembali. Ada manfaat main lato-lato yang tidak banyak orang ketahui.

Manfaat Main Lato-Lato Viral
Sumber gambar : Kompas.com

Sekilas Tentang Lato-Lato

Lato-Lato sendiri sebenarnya bukan mainan asli Indonesia. Mainan ini tergolong jadul dan sudah ada sejak tahun 1960-an di Amerika Serikat. Ketika itu, Lato-Lato dikenal dengan nama “Clackers” yakni permainan yang membenturkan dua bola bola dengan teknik diayunkan bersama.

Permainan yang sudah terkubur lama ini sedikit berbeda dengan yang ada sekarang. Mulai dari tampilan hingga efek yang ditimbulkan. Jika dulu hanya bola plastic biasa, kini permainan Lato-Lato ada yang berukuran lebih besar. Bahkan ada pula efek menyala yang beredar di pasaran.

Apa Saja Manfaat Main Lato-Lato?

Entah mengapa permainan jadul dari puluhan tahun ini kembali viral dan menjadi candu anak-anak. Tidak hanya anak, bahkan orang dewasa tidak luput dari permainan ini.

Ada sensasi tersendiri yang tidak diutarakan ketika memainkan permainan tersebut. Berikut ringkasan beberapa manfaat main lato-lato yang baik untuk perkembangan anak:

1. Meningkatkan Fokus Anak

Teknik bermain yang benar akan menimbulkan bunyi lebih teratur. Ketika memainkan permainan ini maka anak-anak akan lebih fokus untuk menata ritme sehingga membenturkan bola dengan baik.

2. Meningkatkan Gerak Motorik Anak

Manfaat main  lato-lato lainnya adalah meningkatkan gerak motorik anak. Berdasarkan beberapa penelitian, permainan ini ternyata mampu membuat anak bergerak lebih aktif.

Dalam permainan ini,, atur-atur gerak motorik yang dihasilkan adalah motorik halus. Yakni sebuah gerakan yang melibatkan otot-otot kecil di dalam tubuh anak seperti pergelangan tangan jari.

3. Membuang Kecanduan akan Penggunaan Ponsel

Menjadi rahasia umum jika anak zaman sekarang dominan dengan permainan yang berada di Ponsel pintar. Tanpa disadari bermain gadget terlalu berlebihan menyebabkan kecanduan yang membuat efek negatif kepada anak-anak.

Seperti kurang sosialisasi, mudah marah, atau masuknya pancaran radiasi yang terlalu berlebihan ke mata anak-anak.

4. Melatih Kesabaran Anak

Permainan  lato-lato  ini sebenarnya cukup sulit dilakukan tetapi ketika anak benar-benar ingin memainkannya dengan lancar pasti ada kesabaran untuk bisa. Sehingga terpupuk rasa ingin berhasil dan melakukannya dengan sempurna.

Tanpa disadari, banyak manfaat positif bermain permainan jadul ini. Meski begitu, ada pula dampak negatif yang patutu diwaspadai.

Seperti, terjadinya kecelakaan karena membentur anggota tubuh seperti tangan, mata dan kepala. Jadi sebagai orang tua, Anda juga harus tetap waspada.

Post a Comment for "Manfaat Main Lato-Lato Viral yang Tidak Banyak Orang Tahu"