Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Hemat Tethering HP ke Laptop Paling Efektif

DAFTAR ISI
    Cara Menghemat Kuota Internet ketika Tethering HP ke Laptop
    Nonaktifkan Pembaruan Windows
    Aktifkan Metered Connection
    Setting Kapasitas Data
    Menggunakan Browser Hemat Kuota
    Selektif Melakukan Browsing
Cara Hemat Tethering HP ke Laptop

Bagi kamu yang ingin tahu cara hemat tethering hp ke laptop, artikel ini mungkin sangat membantu. Berselancar dunia maya menjadi hal yang lumrah dilakukan saat ini. Apapun kegiatan yang ada, menggunakan media internet untuk berkomunikasi.

Bahkan tidak sedikit pekerjaan yang mengandalkan internet untuk melakukan sesuatu. Namun ada kalanya kamu menggunakan hotspot tethering hp ke laptop yang tidak jarang menghabiskan banyak kuota. Pada artikel kali ini, mari simak beberapa cara hemat tethering hp ke laptop agar kuota tetap aman.

Cara Menghemat Kuota Internet ketika Tethering HP ke Laptop

Ada banyak hal mengapa kamu perlu mengetahui tips ini. Salah satunya ketika wifi di rumah lemot atau bahkan sama sekali tidak berfungsi. Oleh karenanya, agar tetap dapat bekerja, kamu harus mengandalkan hotspot hp ke laptop. Berikut ini merupakan beberapa tips ampuh yang bisa membantu:

1. Nonaktifkan Pembaruan Windows

Mengulas mengenai cara hemat kuota saat tethering ke laptop windows yakni dengan mematikan pembaruan windows tersebut di laptop. Beberapa versi seperti pada windows 10 umumnya akan melakukan pembaruan sistem secara otomatis ketika terhubung dengan internet. 

Hal ini menyebabkan, kuota akan cepat habis karena terkuras akan pembaruan tersebut. Solusinya yakni dengan menonaktifkan sementara. Adapun caranya yakni:

  • Buka menu “Control Panel” dengan cara ketik pada kotak pencarian kolom search.
  • Kemudian pilih “System and Security” lalu scroll ke bawah dan klik “Administrative tools” lanjut klik “Service”.
  • Setelah itu akan ada beberapa list yang muncul. Cari opsi “Windows Update” lanjutkan dengan merubah opsi “Startup Type” dengan mode “Disable”.
  • Akhiri dengan klik “OK” dan restart kembali komputer kamu.

2. Aktifkan Metered Connection

Cara mengatasi laptop boros kuota dengan tethering ke laptop. Kamu juga bisa mengaktifkan metered connection. Fitur ini biasanya terdapat pada windows dengan fungsi agar akses internet digunakan pada saat itu saja. 

Sebagai contoh kecil, yakni ketika kamu sedang mencari sesuatu di internet. Maka data tidak akan terpakai untuk update sistem ataupun update windows. Oleh karena, kuota internet tidak akan cepat habis. Metode ini cukup relevan dan signifikan sebagai cara agar hemat saat tethering ke laptop.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Metered Connection agar Hemat Kuota Hotspot

3. Setting Kapasitas Data

Cara hemat tethering hp ke laptop juga bisa kamu lakukan dengan membatasi kapasitas data. Untuk memastikannya kamu harus terlebih dahulu menuju ke pengaturan ponsel. 

Adapun caranya yakni pergi ke menu “Setting” lalu pilih “Data Usage” lanjutkan dengan memilih opsi “ Set Mobile Data Limit” di mana artinya kamu dapat mengatur penggunaan besaran kuota yang dibutuhkan.

4. Menggunakan Browser Hemat Kuota

Bicara soal cara hemat tethering hp ke laptop cukup berpengaruh ketika menggunakan browser untuk berselancar. Sebut saja ketikan menggunakan Opera Browser. Perangkat pencarian ini cukup ringan sehingga tidak menghabiskan banyak data.

5. Selektif Melakukan Browsing

Karena memang tidak dapat leluasa seperti menggunakan wifi, jadi kamu harus lebih selektif ketika browsing. Sebaiknya gunakan untuk mencari referensi yang penting saja.


Hal ini dapat menghindari pengguna data yang berlebihan. Seperti menonton video youtube, hingga streaming. Gunakan untuk kegiatan ringan seperti browsing web yang memang menggunakan kuota kecil.

Faktanya beberapa cara menghemat kuota hotspot di atas mampu mengurangi penggunaan kuota yang berlebihan. Itulah ringkasan mengenai cara hemat tethering hp ke laptop yang mungkin bermanfaat untuk para pembaca.

Baca Juga : Apa Itu Self Healing dan Kenali 6 Cara Self Healing Terbaik, Dijamin Ampuh!





Post a Comment for "5 Cara Hemat Tethering HP ke Laptop Paling Efektif"