Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Daftar Situs Menulis Artikel Dibayar Ini Jadi Ladang Cuan!

DAFTAR ISI

    IDN Times
    Detik.Com

Menulis Artikel Dibayar

Tahukah kamu, cara menulis artikel dibayar? Mari baca artikel ini untuk mendapat jawabannya. Belakangan bermunculan berbagai pekerjaan online yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan penghasilan.

Selain melalui Youtube, kamu juga bisa memanfaatkan hobi menulis untuk mendapatkan uang. Melalui hobi satu ini, ratusan bahkan jutaan dapat kamu terima.
 
Lantas bagaimana cara belajar menulis artikel baik dan benar? Serta ketahui cara menulis artikel online dengan memanfaatkan beberapa situs website terbukti membayar. Berikut ulasan lengkapnya!

Tahapan Menulis Artikel

Sebelumnya, kamu harus paham mengenai apa itu artikel serta bagaimana cara menulis artikel berdasarkan kaidah umum. Sebagai informasi, berikut akan dirangkum ulasan singkat bermanfaat untuk kamu pelajari. Inilah selengkapnya:

1. Menentukan Topik

Poin pertama ini penting sebelum menulis artikel dibayar. Sebab, topik akan menjadi bahan pembahasan menyeluruh dalam sebuah tulisan.

Melalui tahap pertama ini maka kamu akan mendapatkan ide menulis seperti apa serta bagaimana untuk kemudian tertuang dalam sebuah lembar pengetikan.


2. Menentukan Kerangka Tulisan

Tulisan yang benar memiliki daftar kerangka yang terstruktur. Kerangka inilah yang membuat tulisan tersebut menjadi lebih tertata. Seperti yang umum dilakukan adalah memenuhi format penulisan artikel dengan memperhatikan unsur 5W + 1 H.

Artikel yang mampu menjawab unsur di atas, maka dapat dipastikan artikel tersebut sudah cukup menarik dan memberikan informasi lengkap. Tentu saja hal ini berkaitan dengan ide tulisan juga.

Saya sendiri biasanya membuat outline terlebih dahulu sebelum menulis artikel. Jadi kamu dapat menyampaikan poin-poin utama dalam pembahasan.

3. Melakukan Riset atau Rujukan

Kamu pasti sepakat bahwa untuk menghindari berita hoax atau informasi misinterpretasi perlu rujukan valid. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis sesuatu.

Sebab, tidak semua topik kamu kuasai. Beberapa diantaranya pasti keluar dari pengetahuan penulis. Sebaiknya cari beberapa sumber referensi terpercaya dan gabungkan menjadi satu artikel utama.

Berikan sentuhan kata yang membedakan dengan kata aslinya. Sebagai penulis, referensi tentu perlu untuk memperluas pengetahuan.

4. Menggunakan Kata Baku

Tulisan akan menjadi lebih menarik jika menggunakan kata baku. Hal ini juga berpengaruh pada mesin pencarian. Pasalnya kata baku menjadi pedoman kata khususnya di Indonesia. Sebaiknya gunakan kata baku untuk menulis artikel online.

Beruntungnya, ada beberapa situs besar yang menyediakan tempat untuk para penulis lepas guna menyalurkan tulisan menjadi ladang penghasilan.

Melalui situs ini, kamu tidak perlu membuat website sendiri, apalagi berpikir mengenai pengelolaannya. Berikut ini beberapa situs yang JengMintul rekomendasikan.

1. IDN Times

Siapa yang tidak kenal dengan portal besar satu ini. Sebagai media raksasa di indonesia, IDN Times membuka peluang luas untuk para masyarakat apabila ingin bergabung.

Caranya sangat mudah, kamu tinggal daftar menjadi kontributor dan mulai menulis sesuai dengan passion masing-masing. Jika tulisan kamu beruntung, maka situs ini akan membayar dengan nominal cukup besar.

Bahkan aturan terbaru saya tahu, kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan melihat seberapa besar view untuk artikel kamu tulis. Jadi kesempatan untuk mendapatkan penghasilan lebih.

2. Detik.Com

Sebenarnya ada banyak media yang membuka lowongan penulis artikel. Salah satu yang terbukti membayar adalah website Detik.Com.

Concern media ini adalah menyajikan berita faktual dan profesional. Jadi buat kamu yang hobi jurnalistik, ini merupakan jalan meraih impian.

3. Sribulancer

Sedikit berbeda dengan kedua website di atas, Sribulancer merupakan sebuah platform yang mempertemukan pencari dan penyedia pekerjaan.

Dalam situs ini terdapat banyak peluang kerja online yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari menulis dibayar, membuat video, menjadi admin online, web developer dan lain sebagainya.

Ada banyak project besar yang ada pada situs ini. Kamu hanya perlu mendaftar yang melihat peluang sesuai dengan keahlian.

4. Project.co

Bukan rahasia lagi, apabila ingin menulis artikel dibayar layak mencoba situs satu ini. Project.co juga merupakan jalan saya sendiri sebelum memilki website pribadi untuk mendapatkan penghasilan.

Tidak jauh berbeda dengan Sribulancer, situs ini juga mempertemukan penyedia dan pencari kerja. Kedua belah pihak harus setuju dengan project yang ada.

Jika kesepakatan sudah terjadi, tinggal selesaikan job dan pekerja akan mendapatkan fee sesuai dengan kesepakatan awal.

5. Islami.co

Satu Lagi situs menulis artikel dibayar yang mungkin menarik untuk kamu coba adalah Islami.co. Sesuai dengan namanya, situs ini menyediakan peluang untuk semua orang apabila tertarik dengan topik Islami.

Kamu bisa langsung mengirim topik serta tulisan terbaik untuk kemudian ditinjau oleh tim redaksi. Silahkan buat tulisan menarik dengan panjang antara 500 - 900 kata.

Untuk fee sendiri memang tidak disebutkan secara spesifik. Namun pasti ada imbalan untuk kamu terima jika tulisanmu dimuat.

6. Babe

Sejauh ini Babe masih menjadi situs terkenal yang terbukti membaya penulisnya. Adarate mbalan untuk para penulis yang memberikan tulisan origina tanpa copy paste serta menarik. 

Kamu bisa coba mendaftar di situs ini untuk mendapatkan penghasilan.

Sejauh ini, menjadi seorang penulis artikel masih sangat menjanjikan. Ada banyak ruang yang bisa kamu manfaatkan untuk mengasah keterampilan atau sebagai ladang penghasilan.

Ulasan mengenai menulis artikel dibayar melalui situs di atas hanya sebagai referensi yang mungkin dapat bermanfaat.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Metered Connection agar Hemat Kuota Hotspot


Post a Comment for " 6 Daftar Situs Menulis Artikel Dibayar Ini Jadi Ladang Cuan! "