Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Puasa Tarwiyah Lengkap Beserta Niatnya

Dalam Islam, ada hari raya Idul fitri dan Idul Adha. Jika dalam Idul fitri ada namanya puasa Ramadan, maka dalam idul qurban juga ada puasa namun hukumnya sunnah yakni puasa tarwiyah dan arafah.

Pengertian Puasa Tarwiyah Lengkap Beserta Niatnya
Ilustrasi puasa tarwiyah dan arafah

Pengertian Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah, bulan dalam kalender Islam ketika ibadah haji dilaksanakan. Kata "Tarwiyah" berarti "memuaskan dahaga," dan puasa ini diyakini membantu mempersiapkan tubuh untuk perjalanan haji yang melelahkan.

Puasa Tarwiyah bukanlah puasa yang wajib, tetapi sangat dianjurkan bagi mereka yang melakukan ibadah haji. Tidak semua umat Muslim melaksanakan puasa ini, tetapi mereka yang memilih untuk melakukannya biasanya mengikuti contoh dari Nabi Muhammad, yang berpuasa pada hari ini.

Tidak hanya para jemaah haji, semua umat muslim yang menjalankannya juga mendapatkan pahala yang serupa.

Puasa Tarwiyah dimulai dari subuh pada tanggal 8 Dzulhijjah dan berlangsung hingga matahari terbenam. Puasa ini serupa dengan puasa sunnah yang dilakukan pada hari-hari lain dalam setahun. 

Muslim berpuasa dari makan, minum, dan melakukan tindakan serupa dari fajar hingga matahari terbenam selama puasa.

Perlu dicatat bahwa tanggal-tanggal dalam kalender Islam dapat bervariasi tergantung pada pengamatan hilal (bulan sabit), oleh karena itu disarankan untuk merujuk pada otoritas atau ulama Islam setempat untuk mendapatkan tanggal puasa yang akurat, termasuk puasa Tarwiyah.

Niat Puasa Tarwiyah

Niat puasa Tarwiyah dapat dilakukan dengan niat dalam hati atau dengan mengucapkannya secara lisan. Berikut adalah contoh niat puasa Tarwiyah yang dapat Anda gunakan:


"َوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى"


"Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta'âlâ."


Artinya: "Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta'ala."

 

Ingatlah bahwa niat ini haruslah disertai dengan kesungguhan hati untuk melaksanakan puasa Tarwiyah sesuai dengan tuntunan agama. Penting juga untuk memperhatikan bahwa niat tersebut harus dibuat sebelum fajar menjelang, sebagaimana aturan umum dalam niat puasa.

Post a Comment for "Pengertian Puasa Tarwiyah Lengkap Beserta Niatnya"