Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Perbedaan TV Analog dan TV Digital, Cek Sekarang!

Jengmintul.com - Menanggapi himbauan pemerintah mengenai migrasi TV analog ke TV digital menjadi satu bahasan yang menarik. Tentu saja pemerintah tidak serta-merta memberikan himbauan tanpa ada alasan. Salah satunya mengenai perbedaan TV Analog dan TV digital. 

Inilah Perbedaan TV Perbedaan TV Analog dan TV Digital, Cek Sekarang!
perbedaan tv analog dan tv digital

Simak artikel ini untuk melihat beberapa poin perbedaan serta kelebihannya.

Perbedaan TV Analog dan TV digital secara fisik memang tidak cukup signifikan. Namun kamu bisa melakukan cek manual untuk melihat apakah TV tersebut analog atau digital.

Selaras dengan himbauan pemerintah maka secara bertahap, siaran tv analog akan dimatikan.

Itulah mengapa pemerintah menyarankan untuk membeli perangkat STB atau set top box. Yakni sebuah perangkat yang membantu mengkonversi sinyal sehingga TV analog dapat menampilkan siaran TV digital.

Beberapa Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Jika kamu tidak melakukan peralihan dari TV analog ke TV digital, maka kamu juga tidak akan dapat menikmati tayangan televisi.

Adapun beberapa perbedaan tersebut antara lain:

1. Penerimaan Frekuensi Sinyal

Poin pertama adalah mengenai penerimaan frekuensi sinyal. TV analog menerima dan memproses sinyal melalui signal radio yang kemudian terbagi dalam format video dan audio.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Aplikasi Pulsa Jadi Uang Android Terbaru

Baca Juga : Inilah 5 Aplikasi Penghasil Uang, Bisa Langsung Kirim ke Rekening!

Untuk sinyal video, ditransmisikan dalam ke gelombang AM. Sementara untuk audio ditransmisikan ke gelombang FM.

Sedangkan untuk TV digital menerima dan memproses sinyal dalam bentuk format “Bit” atau disebut juga dengan data informasi.

Seperti halnya DVD, CD, atau Blu-ray. Semua data tersebut akan dibawa sekaligus dalam bentuk gambar, warna maupun suara.

2. Perbedaan Tentang Kualitas Gambar

Perbedaan TV Analog dan TV digital berikutnya yakni mengenai visualisasi. Hal ini cukup mencolok dan bisa kamu lihat secara kasat mata.

Adapun kualitas visual dari TV analog akan dipengaruhi dengan jarak pemancar. Sebaliknya, untuk visualisasi TV digital tidak akan terpengaruh pada jarak pemancar. 

Sehingga kualitas gambar yang ditampilkan akan terlihat lebih jernih. Bahkan TV digital juga didukung dengan resolusi gambar Full HD dan UHD 4K.

3. Perbedaan Gangguan Tayangan

Kamu pasti sering melihat TV analog mengalami gangguan tayangan berupa visual yang tidak jelas atau kabur. 

Hal ini tidak akan terjadi pada TV digital yang tidak terpengaruh pada gangguan tayangan. Inilah salah satu perbedaan TV Analog dan TV digital yang bisa kamu rasakan.

4. Penggunaan Daya Listrik

Perbedaan terakhir yang jelas terlihat adalah mengenai penggunaan daya listrik. Jenis TV analog cenderung lebih banyak menggunakan daya listrik. Hal ini berbanding terbalik dengan TV digital yang dinilai lebih hemat listrik.

5. Perbedaan Jumlah Chanel

Hal lain yang membedakan TV analog dan TV digital adalah jumlah chanel. Mengapa? Karena tidak semua stasiun TV menyediakan siaran digital. Oleh karena itu, bisa saja satu televisi dengan televisi lain memiliki jumlah siaran berbeda. 

Ringkasan mengenai perbedaan TV digital dan TV analog di atas hanya sebagai bahan pertimbangan. 

Secara garis besar, peralihan atau migrasi TV analog ke TV digital ini cukup memberikan dampak baik. Meskipun sedikit rumit mengenai cara mengubah TV analog ke TV digital, namun ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan.

 

 


Post a Comment for "Inilah Perbedaan TV Analog dan TV Digital, Cek Sekarang!"