Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paling Banyak Dikunjungi, Inilah 7 Daftar Wisata Religi di Jawa Timur

Jengmintul.com - Bagi Anda yang berada di Provinsi Jawa Timur mungkin patut untuk berbangga hati. Pasalnya, Jawa Timur adalah satu provinsi yang kaya akan budaya, kuliner, serta destinasi wisatanya. Seperti wisata religi di Jawa Timur yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Paling Banyak Dikunjungi, Inilah 7 Daftar Wisata Religi di Jawa Timur
ilustrasi wisata religi di jawa timur

Banyak hal yang bisa pengunjung dapatkan dari berwisata religi. Selain mengetahui akan sejarah dan filosofi ulama-ulama terdahulu, para pengunjung juga akan mendapatkan atau melihat pemandangan indah yang ditawarkan.

Biasanya ketika melakukan perjalanan wisata religi, Anda bisa membeli berbagai macam souvenir-souvenir religi berbagai bentuk dan motif.

Daftar Wisata Religi di Jawa Timur Paling Banyak Dikunjungi

Tidak hanya indah, para pengunjung juga bisa menambah wawasan serta meningkatkan keimanan kepada Tuhan dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata di bawah ini:

1. Wisata Sunan Bonang, Tuban

Jika Anda ingin mengunjungi wisata religi di Jawa Timur, maka mengunjungi makam Sunan Bonang yang terletak di Tuban bisa menjadi referensi terbaik. Makam Sunan Bonang terletak di Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban Jawa Timur. 

Ini merupakan daerah wisata religi yang juga bisa menjadi daerah sejarah dari kota Tuban. Umat muslim khususnya di Indonesia pasti sudah tidak asing dengan nama Sunan Bonang. 

Sunan Bonang adalah salah satu ulama besar Wali Songo yang namanya santer terdengar dari tanah Jawa. Tidak heran jika banyak orang ingin melepaskan kehausan batin untuk berwisata ke daerah religi seperti ke Makam Sunan Bonang.

2. Makam Sunan Ampel

Tidak jauh berbeda dengan wisata makam di Sunan Bonang, Anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata religi seperti ke makam Sunan Ampel. 

Wisata ini terletak di Jalan Nyamplungan, Ampel Kecamatan Semampir, Jawa Timur. Untuk berkunjung ke daerah ini, Anda tidak akan kesulitan karena letaknya cukup strategis. 

Banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, terlebih pada bulan puasa. Menariknya, lokasi wisata Sunan Ampel ini nyaman dengan pemandangan yang tidak kalah menarik.

Wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan, seperti berziarah, berbelanja souvenir, atau berburu kuliner khas.

3. Wisata Sunan Giri, Gresik

Sebagai informasi sejarah, bahwa Sunan Giri merupakan seorang dari Wali Songo yang juga merupakan pendiri kerajaan Giri sedaton. 

Kerajaan ini berada di daerah Gresik, Jawa Timur. Pada masa lampau, Giri sedaton merupakan pusat penyebaran agama Islam yang terjadi di tanah Jawa.

Sehingga tidak aneh jika banyak orang ingin mengunjungi destinasi wisata religi Jawa Timur yakni berwisata di Sunan Giri. Ini merupakan salah satu makam Wali Jawa Timur yang tidak pernah sepi pengunjung.

Nama wali Sunan Giri, tergolong dalam nama-nama Wali Allah di Jawa Timur yang memiliki jasa dalam penyebaran agama Islam. Adapun lokasi makam dari Sunan Giri ini berada di Gresik, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Untuk bisa berkunjung ke daerah ini, Anda juga tidak akan mendapatkan kesulitan, karena letaknya cukup strategis yakni di antara perbatasan kota Gresik dan Surabaya. 

Hal menarik lain yang bisa Anda lihat adalah adanya museum yang menawarkan atau memperlihatkan barang-barang peninggalan dari Sunan Giri.

4. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Tidak hanya berbicara mengenai makam keramat di Jawa Timur, Anda juga bisa melakukan rute ziarah ke masjid yang ada di provinsi ini.

Salah satunya adalah Masjid Cheng Ho yang terletak di Surabaya. Seperti namanya Cheng Ho merupakan nama-nama khas dari Tionghoa.

Masjid ini memang menjadi salah satu destinasi wisata religi di Jawa Timur yang memiliki desain khas dari Tionghoa. Terletak di Jalan Gading, Surabaya Masjid Cheng Ho memiliki ribuan pengunjung yang datang untuk berwisata religi juga melakukan ibadah. 

Masjid ini merupakan satu persembahan masyarakat sebagai tanda terima kasih untuk Laksamana Cheng Ho yang berasal dari China karena menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

5. Masjid Aschabul Kahfi, Tuban

Masjid Aschabul Kahfi yang berada di Tuban Jawa Timur ini merupakan masjid yang dibangun oleh KH. Shubhan. Dahulu masjid ini merupakan sebuah gua pembuangan sampah oleh masyarakat.

Kemudian dibersihkan dan ditata ulang menjadi sebuah bangunan masjid yang kini juga dilengkapi dengan pondok pesantren. 

Yang tidak kalah menarik adalah mengenai desain arsitekturnya. Sekilas Anda akan melihat perpaduan yang cukup mencolok dari warna-warna terang serta dipadupadankan dengan ukiran kaligrafi yang berkombinasi dengan aksara Jawa. Ini juga menunjukkan sebagai identitas masyarakat Jawa.

6. Sunan Drajat, Lamongan

Sunan Drajat yang berada di Lamongan termasuk dalam rute ziarah wali 5 Jawa Timur. Sunan Drajat sendiri adalah salah satu dari sembilan Sunan atau yang sering disebut dengan Wali Songo.

Nama asli dari Sunan Drajat adalah Raden Qosim kemudian mendapatkan gelar Raden Syarifudin. 

Beliau sendiri merupakan putra dari Sunan Ampel yang juga terkenal sebagai wali songo. Makam Sunan Drajat terletak di Kecamatan Paciran, Lamongan Jawa Timur.

7. Wisata Makam Sunan Gresik

Sunan Gresik memiliki nama asli Maulana Malik Ibrahim yang juga seorang anggota Walisongo. Dirinya dianggap sebagai orang yang sangat berjasa dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Makam Sunan Gresik berada di gapura Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Tempat wisata religi di Jawa Timur seperti pada pembahasan di atas mungkin bisa menjadi satu referensi yang bisa Anda coba. Tidak hanya kental akan religi, namun Anda juga akan mendapatkan pencerahan untuk memperkuat tingkat keimanan. 


Post a Comment for "Paling Banyak Dikunjungi, Inilah 7 Daftar Wisata Religi di Jawa Timur"